PENGALAMAN MOTRET PAKAI KAMERA ANALOG : HARMAN REUSABLE CAMERA (DAN HASIL FOTONYA)

Tahun 2020 ini beneran sangat ajaib. semua sektor hampir terdampak sama pandemi Covid-19. Semua merasakan dampaknya, mulai dari gerakan di #rumahaja sampai gerakan #pakaimasker. Jujur, punya anak kecil dan rutinitas sebagai Ibu yang gak ada habisnya, bener-bener menguras mental, jiwa dan raga..ekekekekekek sekalian curhat.


Hingga pada akhirnya pertengahan tahun, aku mendapatkan sebuah benda yang mengubah hidupku. Yap!kehadirannya sangat mengubah hidup gw yang biasa-biasa aja ditambah suntuk banget mesti diem di rumah aja dan gabisa liburan gara-gara pandemi. 


Suami tercinta gw (yang kadang-kadang  kayak alien )menghadiahi kamera analog, dia tau kali ya istrinya itu suka banget jadi foto model.  xixixixi..


tanpa bertele-tele, gw akan menjelaskan kamera yang gw dapet adalah Harman Reusable Camera. jujur, main kamera analog adalah hal baru dalam hidup gw, soalnya kebiasaan pakai kamera digital, bahkan ketika menikah dan beranak, malah suka foto pakai kamera handphone aja.

oke, lanjut... Harman Reusable Camera merupakan kamera Point and Shoot. Yaaa asal jepret bidik jepret gitu lah.. untuk pemula kaya gw boleh deh dicoba, sebelum main SLR analog *kode


Harman Reusable Camera, datang dengan 2 film bawaan yakni Kentmere PAN 400. film yang black and white yah ini. meski gw sudah coba untuk pakai roll film yang berwarna juga bisa. Oiya Reusable disini maksudnya bisa diisi ulang yah, awalnya gw kira dia semacam kamera sekali pakai "Disposable", tapi ternyata enggak..ehe


Jujur cari orang yang foto pakai kamera ini jarang banget, gw cari reviewnya di Youtube juga cuma bisa diitung pakai jari. Sekilas kamera ini kaya mainan..ya emang mungkin jenisnya toycam kali ye.. tapi ada flashnya huehuehue... dan kamera ini masih pakai sistem motor kokang sehabis jepret gambar, dan sistem manual juga untuk rewind roll film ketika kelar. Jadi bener-bener manual.


Body kameranya dari plastik dan tulisan kameranya full stiker, orang juga ga sadar kali kalau ini kamera hehehehehehe.. (Ketawa melulu dah)


spesifikasi teknis kamera lebih jelasnya kaya begini ya:

Optical Lens

31mm, F=10 , 1 element

Focusing

Focus Free, 1m - ∞

Shutter Speed

Shutter 1 / 120s

Film Transport

Manual wind and rewind

Film Format

135 Film (24x36mm)  ISO 200 / 400

View Finder

Field = 70%

Flash 

 Built-in Flash Push Switch - 15s recycle time

Lens Cover 

N/A

Power source

1AAA – Alkaline Battery (included)

Strap

Wrist strap included

Main Plastic Material

ABS

Weight

100 grams

Dimensions

114 (W) x 63 (H) x 35 (D) mm




untuk tampilan kameranya kayak gini:











Dan, untuk hasil fotonya :

Roll Film: Kentmere PAN 400
Keterangan: Tanpa Flash
Lokasi : Outdoor






Roll Film : Fuji Industrial 100
No Flash
Outdoor

Roll Film : Fuji Color 200
No Flash
Outdoor




Roll Film : Fuji Industrial 100
Flash On
Indoor


Kekurangan dari kamera ini adalah tombol flashnya yang hanya bergeser, jadi kadang kalau tombol flash tergeser ke posisi on, bisa menghabiskan daya baterai kamera. Tombol kokang kamera juga harus agak keras diputar setelah foto.

Kelebihan dari kamera ini adalah desainnya yang ringan, mudah dibawa kemana-mana cocok lah buat emak-emak kayak gw yang selain hunting foto harus sambil jagain anak xixixixi.. selain itu harganya yang juga tidak terlalu mahal. di kisaran 600ribuan.

Untuk yang mau coba proses kamera analog, kamera ini bolehlah dicoba sebagai permulaan, sebelum ke tahap selanjutnya seperti SLR atau Rangefinder kamera. huehuheue 

hasil-hasil lengkap jepretanku menggunakan si Harman ini bisa dilihat di :





oke, sekian review kamera analog Harman Reusable Camera ini. semua berdasarkan  pengalaman pribadi ya... feel free to share pengalaman kamu juga pakai kamera ini.. xoxo


 "Pada akhirnya, kamera menyelamatkan ingatan dari setiap momen yang terjadi di kehidupan.." -UK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

no need...to

siapa kamu? dan kenapa ? (lagi dan selalu..)

tidak semua harus diberi judul kan? #8